Serunya Belajar Sambil Bermain melalui Eksperimen Sains

image Serunya Belajar Sambil Bermain melalui Eksperimen Sains

Tangerang (17/1) Sebagai upaya meningkatkan kreativitas serta mendorong minat anak-anak Indonesia pada dunia sains, Alhamdulillah di tahun 2024 ini SDIT Dauroh berkesempatan kembali menyelenggarakan kegiatan Science Day.

Kegiatan Science Day ini merupakan salah satu program yang ada di SDIT Dauroh setiap tahunnya. Science Day tahun ini mengusung tema "Enhancing Creative Thinking Through Science" yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDIT Dauroh. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (17/1).

Kegiatan Science Day ini diselenggarakan dalam bentuk pameran eksperimen yang berkaitan dengan bidang sains. Dalam kegiatan Science Day ini tersedia 25 booth yang menampilkan 25 eksperimen berbeda dari setiap kelasnya. Seluruh siswa-siswi SDIT Dauroh bebas mengunjungi setiap booth yang tersedia untuk mencoba langsung eksperimen yang dipamerkan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Bapak Kepala SDIT Dauroh yaitu Imam Sucipto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kegiatan Science Day ini merupakan salah satu program sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas tinggi pada siswa-siswi SDIT Dauroh serta menciptakan mindset bahwa sains itu menyenangkan dan mengasyikkan.

Kepala SDIT Dauroh, Imam Sucipto mengatakan, adanya kegiatan ini untuk meningkatkan minat anak terhadap sains serta mengembangkan aspek keterampilan dan keberanian pada anak.

Siswa kelas 4 – Aisyah, Aiko mengaku tertarik dengan eksperimen yang dipamerkan oleh kelas 2 Zaid yaitu rainbow foam. Ia juga menambahkan, alat dan bahannya sederhana serta mudah untuk membuatnya sehingga bisa dipraktekkan di rumah.

“Saya sangat suka mencoba eksperimen rainbow foam karena busa yang dihasilkan sangat banyak dan berwarna-warni. Cantik deh! Jadi ingin coba membuat di rumah.” Ujarnya.

Eksperimen yang tak kalah menarik lainnya yaitu vinegar car. Mobil rakitan berbahan dasar barang bekas botol plastik air mineral yang disulap menjadi sebuah mainan bertenaga cuka. Campuran dari bahan kimia Asam asetat (cuka) dan Natrium bikarbonat (baking soda) menghasilkan gas Karbon dioksida sehingga dapat mengakibatkan mobil bergerak.

Semoga kegiatan positif dan bermanfaat seperti ini tetap berlangsung setiap tahunnya. Sehingga siswa-siswi SDIT Dauroh tidak hanya mempelajari teori mengenai sains saja namun juga dapat langsung mempraktikkannya dalam kegiatan Science Day ini.