Selami sejarah alam Indonesia, SMPIT Dauroh selenggarakan Fun Fieldtrip

image Selami sejarah alam Indonesia, SMPIT Dauroh selenggarakan Fun Fieldtrip

Tangerang (12/10), SMPIT Dauroh menyelenggarakan Fun Fieldtrip dengan Tema "Cinta Alam, Budaya dan Sejarah Indonesia pada hari rabu, 12 Oktober 2022. Sebanyak 186 orang mengikuti fun fieldtrip dengan tujuan Museum Sejarah Nasional Alam Indonesia (MUNASAIN), Museum Zoologi dan Eksplore Kebun Raya Bogor.

Pukul 06.00 semua siswa dan guru berkumpul di lapangan kecamatan Curug. Dilanjutkan dengan pengarahan dari ketua panitia Fieldtrip, Herman Mulyana, S.Pd. yang mengatakan bahwa setiap bus sebelum berangkat harus membaca Doa menaiki kendaraan, Al maatsurat dan Asmaul Husna.

Dengan jarak tempuh selama 2,5 jam bersama 3 armada bus, sampailah rombongan SMPIT Dauroh ke MUNASAIN yang disambut oleh 3 pemandu yang siap mendampingi kegiatan para  siswa SMPIT Dauroh.

MUNASAIN terdiri dari 2 lantai.  Di lantai 2, siswa belajar tentang sejarah alam Indonesia termasuk sejarah rempah Indonesia dan kehidupan pada masa pra aksara sementara di lantai 1 terdapat berbagai macam jenis kerajinan hasil alam.

"Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah, ada rempah asli Indonesia yang menjadi komoditi utama dan bernilai tinggi yaitu lada dan pala. Jadi kita harus bangga jadi bangsa Indonesia" Ujar Ikhsan, salah satu pemandu di Munasain.

FIELD TRIP SMPIT 2022

Selesai di Munasain, para siswa SMPIT Dauroh berjalan kaki menuju kebun raya Bogor. Sesampainya disana, mereka langsung menuju Museum Zoologi. Di museum ini, para siswa belajar berbagai macam jenis hewan, ada  macam-macam burung, mamalia, reptil dan Amphibi. Beberapa siswa  mempresentasikan temuan mereka selama di museum tersebut.

"Ada berbagai macam ikan yang ada di Indonesia dan ternyata negara kita kaya akan ikan" Pungkas Bagas dalam presentasi bahasa Inggris.

Pukul 14.30, seluruh siswa bersiap untuk pulang dan tepat pukul 17.00 WIB, sampai di kecamatan Curug. Di sana sudah disambut orang tua siswa yang siap menjemput putra putrinya.

"Field trip kali ini Alhamdulillah menyenangkan, belajar banyak hal dari tempatnya langsung ternyata lebih menarik" Ujar Bimo, Siswa kelas 7 .